CRF150L dan KLX 150 BF, Mana Jagoanmu?

Eksistensi motor petualangan semakin terlihat berkat lahirnya Kawasaki KLX 150 BF. Namun, setelah muncul kompetitor dari Honda dengan seri CRF150L, motor-motor tersebut menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta otomotif. Hal tersebut dikarenakan keduanya memiliki kualitas yang tidak kalah bagus antara satu sama lain.

Komparasi CRF150L dan KLX 150 BF dari Segi Desain

Desain CRF150L dan Kawasaki KLX cukup sulit dibandingkan, karena masing-masing memiliki daya tarik tersendiri. Namun, jika dilihat dari bagian depan, keduanya memiliki perbedaan signifikan dari segi lampu sein, headlamp, spakbor, bahkan bentuk cakram.

Secara keseluruhan, kesan CRF150L lebih dinamis dengan adanya detail bagian yang tajam, sementara motor KLX lebih agresif serta kekar.

Untuk ukuran spakbor, CRF150L lebih tinggi, sementara kompetitornya lebih rendah. Hal signifikan ada juga di bagian spion. Jika pabrikan Kawasaki memilih bentuk bulat, maka Honda tampil berbeda dengan mengaplikasikan bentuk asimetris.

Pada motor KLX, desainnya lebih sederhana, tapi tetap memberikan penerangan yang fokus. Kendati demikian, besutan Kawasaki ini lebih atraktif, karena tersedia beberapa pilihan warna. Sementara pesaingnya mengandalkan Extreme Red sebagai daya tarik.

Komparasi CRF150L dan KLX 150 BF dari Segi Fitur

CRF150L dan KLX BF sama-sama menggunakan suspensi Upside-Down dan yang membedakan adalah diameter selubung; masing-masing 37mm dan 35mm. Sementara untuk jarak stroke, besutan Honda tersebut lebih andal yaitu berada di rentang 225mm.

Kedua rival ini memakai jenis suspensi belakang yang berbeda yaitu Pro-Link dan Uni-Track. Sementara untuk fitur preload, CRF mengandalkan mono-shock, di mana lebih fleksibel dari pesaingnya. Pada motor KLX, mengadopsi model berundak lima.

Untuk penunjuk kecepatan, CRF menggunakan full digital, sementara KLX 150 BF masih mengandalkan analog. Kendati demikian, terdapat perbedaan warna, striping, dan atribut (hand guard dan engine guard), pada masing-masing pilihan warna.

Komparasi CRF150L dan KLX 150 BF dari Rangka

Jenis bingkai rangka kedua motor ini berbeda yaitu Double Crandle dan Perimeter. Sementara varian pelek, CRF150L menggunakan ring 21 di bagian depan dan 17 di bagian belakang. Tidak berbeda jauh dengan pesaingnya, KLX BF lebih satu angka di bagian belakang.

Komparasi CRF150L dan KLX 150 BF dari Segi Mesin

Sama-sama berkubikasi 150 cc dan pendingin SOHC, dua jagoan ini memiliki perbedaan yang signifikan dari segi perangkat pengkabut bahan bakar; fuel injection PGM-FI dan kaburator model vakum. Sementara untuk muntahan torsi, mereka sepadan tanpa banyak perbedaan.

Harga Motor KLX

Harga motor KLX yang merupakan dedengkot motor petualangan dibanderol sebesar 32.800.000, sementara pesaingnya sedikit lebih murah yaitu 32.050.000 dengan OTR Jakarta. Perbedaan tersebut dikarenakan Kawasaki KLX memiliki beberapa varian warna.

Jadi, mana jagoan motor petualanganmu? CRF150L atau KLX 150 BF? Meski ada perbedaan-perbedaan, mereka sama-sama andal dalam melibas medan terjal. Tinggal selera dan kebutuhan saja yang bisa menentukan pilihan terbaik.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *