Suzuki NEX 2, Tenaga Boleh Lebih Kecil, Keunggulan Lain Mantap!

Selepas meluncurkan Suzuki Nex FI, pabrikan ini mengeluarkan seri terbaru bernama NEX 2. Yang menarik, meski tenaga lebih kecil, keunggulan lain tidak bisa dianggap remeh. Hm, strategi bagus nih untuk mengembangkan performa dengan menyelaraskan torsi dan mesin. Spesifikasi lebih lengkap, yuk simak ulasan berikut.

Ergonomi NEX 2

            Motor ini sangat cocok bagi pengendara Indonesia. Dengan tinggi badan 155-165, kaki bisa menapak ke tanah. Lutut pun masih cukup jauh dari dashboard saat dinaikkan ke dek. Sementara posisi tempat duduk dan stang, dirancang secara presisi agar nyaman saat dinaiki.

Yang menarik, tempat duduk dilengkapi dengan bagian slope tepat di tengah. Tubuh pengendara terasa disangga dan ini sangat ampuh mengurangi rasa pegal ketika menempuh perjalanan jauh.

Performa NEX 2

            Saat mesin dinyalakan, strarter menyalak pelan. Begitu gas ditarik, motor juga tidak langsung lompat. Suara pun terdengar sangat halus. Kalau digeber semakin dalam, tenaga terus menggeliat hingga ke torsi atas. Melibas tanjakan apa lagi, bukan masalah. Ini semua dikarenakan rasio gear yang dibuat lebih kecil.

Mesin NEX 2 dirancang agar hemat bahan bakar. Kalau diilustrasikan, satu liter bensin bisa menjangkau 49 km. Sementara kapasitas tangki mencapai 3,6. Jadi, pengisian penuh mencapai jarak tempuh sepanjang 176,4 km.

Efisiensi mesin tersebut lantaran dibekali teknologi Engine Control Modul (ECM) yang menyatu dengan throttle body baru. Agar pengabutan jadi homogen, sehingga pembakaran semakin optimal, injektor pun dibuat enam lubang.

Dari segi pengapian dan kelistrikan, menggunakan jenis arus DC. Riecky menjelaskan, “Ini demi kemudahan konsumen, ketika aki pada motor mati total, mesin masih bisa dinyalakan dengan Kick Starter atau secara manual.”

Handling NEX 2

            Meski memiliki bodi yang lebih besar dari versi lawas, NEX 2 tetap asyik diajak mencari-cari celah di tengah kemacetan. Dibekali dengan suspensi lunak yang cenderung keras, motor tetap dalam keadaan stabil saat bermanuver di tikungan.

Pengereman NEX 2

            Kombinasi rem depan dan belakang pada NEX 2 cukup responsif. Saat pemakaian di bawah 100 km, belum terlalu bekerja. Maklum saja, masih proses bedding dengan kanvas.

Meski tenaga lebih kecil dari Suzuki Nex FI, NEX 2 tidak kalah dalam hal performa. Selain itu, hemat bahan bakar dan nyaman saat dikendarai. Nah, dibanderol berapa, nih? 13.950.000 kok dengan OTR Jakarta.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *